Handito Pramukya Daniswara

Penjelasan Terlengkap Tentang Apa Itu WordPress

Jan 22, 2024 | Website & Teknologi | 0 comments

Apa Itu WordPress?

WordPress adalah sistem manajemen konten (CMS) yang bisa digunakan untuk membuat dan mengelola website atau blog. Platform CMS (content management system) untuk pembuatan website ini terkenal dengan fitur yang memudahkan bagi pemula dan terbukti sudah digunakan 43% website yang ada di dunia. Artinya, kalau Anda ingin membuat website, apapun jenisnya, WordPress bisa jadi pilihan terbaik.

Di artikel ini, saya akan membahas fungsi serta kelebihan dan kekurangan WordPress. Yuk, kita mulai!

Apa Fungsi WordPress?

Pada umumnya platform WordPress ini digunakan sebagai CMS untuk membuat berbagai jenis website. Ini dia beberapa contoh fungsi WordPress yang sering digunakan.

1. Blog

Umumnya orang menggunakan WordPress untuk membuat blog pribadi mereka. Terutama untuk pengguna baru yang tidak perlu memahami bahasa pemrograman yang rumit. Selain itu, di WordPress terdapat berbagai macam fitur, seperti posting, tag, dan kategori yang memudahkan pengguna untuk membuat sistem konten.

2. Website Portofolio Profesional

Di platform ini, Anda dapat menemukan berbagai Theme untuk portofolio profesional. Nggak heran kalau WordPress dijadikan pilihan oleh para fotografer, penulis, illustrator, atau para pekerja seni lainnya untuk menampilkan merek pribadi mereka di platform ini. Anda juga dapat memilih Theme dengan galeri bawaan, atau Anda dapat menginstal plugin untuk carousel dan slider portofolio.

3. Website Bisnis

WordPress bisa jadi pilihan terbaik untuk Anda  yang mempunyai usaha kecil dan menengah, tetapi ingin mempunyai website bisnis yang profesional. Di platform ini, Anda dapat memilih template yang sesuai dengan bisnis Anda. Dengan WordPress, Anda dapat mengintegrasikan dan mengembangkan bisnis melalui plugin untuk SEO (Search Engine Optimizer), pengambilan prospek, analitik, dan masih banyak lagi.

4. Website Toko Online

WordPress bisa menjadi pilihan terbaik untuk membuat toko online. Dengan plugin e-commerce seperti WooCommerce, Anda dapat membuat toko online yang kaya akan fitur, seperti mengelola produk, pembayaran, pengembalian dana, pengiriman, dan masih banyak lagi.

5. Situs Membership

WordPress mendukung plugin untuk membuat situs membership. Fungsi WordPress ini cocok untuk Anda yang ingin memonetisasi dengan membatasi konten premium hanya untuk anggota. Di sini, Anda dapat mengelola pembayaran, menyiapkan level anggota, dan memantau pendaftaran.

Apa Kelebihan WordPress?

1. SEO Friendly

Website yang dibangun menggunakan WordPress lebih ramah SEO. Website yang ramah SEO akan lebih mampu bersaing di mesin pencari seperti Google atau Bing. Tentu saja jika mencari sebuah keyword, pengguna kebanyakan hanya akan melihat halaman pertama pencarian atau bahkan hasil teratas pencarian. Website yang tampil teratas atau halaman pertama di mesin pencari ini biasanya adalah website yang telah menerapkan SEO.

2. Plugin Melimpah

Plugin adalah semacam program yang mampu menunjang fungsi dari program utamanya. Disini, WordPress memiliki puluhan ribu plugin yang bisa Anda gunakan untuk menunjang website. Misalnya untuk membuat website lebih SEO hingga membuat website toko online. Plugin di WordPress dapat membantu Anda untuk lebih mudah dalam membangun kedua hal tersebut.

WordPress memiliki plugin yang saat ini berjumlah 59,000+ dan terdapat versi yang gratis dan berbayar. Plugin berbayar akan memberikan fitur yang lebih lengkap, tapi sebagian plugin di WordPress bisa Anda gunakan secara gratis.

3. Murah

Penggunaan kata murah disini sebenarnya sedikit berbeda, karena sebenarnya WordPress bisa digunakan secara gratis. Pengguna hanya perlu menggunakan layanan hosting serta membeli sebuah domain agar WordPress bisa berjalan dengan sempurna.

4.  Banyak Pilihan Tema

WordPress mempunyai banyak pilihan Theme dari yang bersifat professional hingga Theme yang penuh animasi. Visualisasi website dapat diganti dan diubah dengan mudah. Pilihan Theme di WordPress juga tersedia versi gratis dan berbayar, pengguna hanya perlu menyesuaikan jenis Theme dengan kebutuhan website mereka. Selain itu pilihan Theme di WordPress kebanyakan sudah mendukung website responsif yang berarti tampilan website bisa menyesuaikan dengan beragam ukuran layar perangkat.

5. Open-source

WordPress adalah platform open-source yang berarti siapa pun dapat memodifikasi kode sumber dan mendistribusikan ulang software. Hal tersebut dirancang bagi orang-orang yang ingin menyumbangkan ide-ide mereka untuk meningkatkan platform.

6. Komunitas yang Besar

WordPress sekarang menjadi CMS yang paling popular sehingga komunitasnya pun besar dan tersebar di berbagai sosial media. Bila Anda menemukan kendala atau ingin bertanya seputar website, sekarang tersedia banyak tutorial ataupun komunitas baik secara lokal maupun yang tersebar di internet.

Apa Kekurangan WordPress

Di samping banyaknya kelebihan yang ditawarkan, WordPress tidak luput dari kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan WordPress :

1. Tingkat Keamanan Rendah

WordPress menjadi sasaran peretasan karena lebih dari 43% website yang ada di dunia ini dibuat di WordPress. Jadi amankanlah website yang Anda buat dengan menginstal plugin keamanan.

2. Kecepatan Loading yang kurang optimal

Seiring penggunaan WordPress, Anda akan menginstal banyak plugin yang dapat memperlambat kecepatan loading website. Namun tenang, Anda bisa menaikkan kecepatan loading website dengan menginstal plugin cache.

3. Perlu Instalasi Manual

Perlu instalasi manual terutama untuk yang menggunakan hosting sendiri. Bagi beberapa pengguna awam, hal ini bisa menjadi tantangan tersendiri. Padahal, sebenarnya prosesnya tidak terlalu teknis.

4. Harus Jeli Memilih Plugin dan Tema Berkualitas

Ada ribuan plugin dan tema yang bisa Anda gunakan untuk WordPress. Sayangnya, tidak semuanya berkualitas. Terutama, kalau plugin dan tema itu dibuat dengan koding yang buruk atau tidak pernah mendapatkan update.

Itulah kenapa Anda harus selalu teliti dalam memilih plugin dan Theme. Perhatikan rating, review, dan kapan terakhir kali sebuah plugin atau tema diperbarui.

Supaya Anda tahu informasi terkini tentang keamanan plugin serta tema, ikuti juga blog-blog berita seputar WordPress.

Related Post

No Results Found

The posts you requested could not be found. Try changing your module settings or create some new posts.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *